Baterai Handphone Cepat Habis, Mungkin Ini Salah Satu Faktornya!

Penggunaan Layar Membuat Baterai Cepat Habis

Pertanyaan mendasar bagi para pengguna handphone adalah kenapa daya baterai handphone cepat habis, padahal kalian baru sama melakukan proses pengisian baterai yang penuh. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang membuat baterai kalian tidak tahan lama saat digunakan. Salah satunya mungkin kalian sering lakukan.

Faktor Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis

Kalian pasti bingung, kenapa baterai handphone terasa lebih cepat habis padahal kalian baru saja mengisi baterai handphone kalian sampai penuh. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan baterai cepat habis tanpa kalian sadari:

Kapasitas Baterai

Salah satu faktor yang membuat daya tahan baterai handphone lebih terasa cepat habis adalah kapasitas baterai yang digunakan. Jumlah kapasitas baterai menjadi salah satu faktor penting untuk kalian saat beraktifitas lama tanpa perlu mencari stop kontak untuk melakukan pengisian daya.

Namun, pada baterai yang memiliki kapasitas baterai cukup tinggi juga percuma apabila saat melakukan proses pengisian daya tetap menyalakan handphone kalian. Kenapa? Karena pada saat melakukan pengisian daya pada baterai handphone, daya tahan baterai kalian terbagi dengan aktivitas kalian menggunakannya.

Penggunaan Layar

Penggunaan Layar Membuat Baterai Cepat Habis

Penggunaan layar pada handphone kalian menjadi faktor penyebab baterai handphone kalian lebih cepat habis berikutnya. Apabila kalian menggunakan layar pada siang hari, ada baiknya menggunakan intensitas layar yang cukup rendah begitu sebaliknya jika pada malam hari.

Penggunaan layar terang akan membuat daya baterai termakan cukup besar, hal ini dapat membuat baterai kalian cepat habis meskipun baru saja melakukan charging atau pengisian baterai sampai penuh 100 persen.

Sekedari informasi, pengisian daya baterai sampai 100 persen dapat membuat daya tahan baterai kalian tidak lama. Untuk lebih jelas, kalian bisa baca bagaimana cara mengisi baterai handphone yang tepat agar lebih tahan lama yang sudah gue buatkan.

Pengaruh Konektivitas

Konektivitas adalah faktor paling utama yang membuat baterai cepat habis. Karena, apabila koneksi pada tempat kalian tidak terlalu bagus maka handphone kalian akan berusaha dengan keras mencari signal terbaik untuk kalian.

Kalian dapat merasakan suhu handphone akan meningkat dan menjadi cukup panas apabila koneksi kalian kurang bagus. Ini dapat menyebabkan penggunaan daya pada handphone kalian menjadi lebih besar dan tentu membuat daya tahan baterai menjadi tidak tahan lama saat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Jenis Chipset

Chipset atau kalian biasa mengenalnya dengan sebutan prosesor pada smartphone, saat ini terdapat beberapa chipset yang mampu memberikan kecepatan konektivitas dan dapat mengurangi konsumsi pemakaian baterai. Hal ini cukup sering terjadi apabila kalian kurang begitu memahami penggunaan prosesor pada handphone kalian.

Untuk beberapa chipset terbaru seperti Snapdragon 855 keatas memiliki kemampuan yang cukup memuaskan, karena chipset itu ber-regenerasi. Apabila kalian menggunakan chipset Snapdragon 845 kebawah kurang memiliki kemampuan yang baik dan mempengaruhi daya tahan baterai handphone kalian dan menyebabkan baterai lebih cepat habis.

Penggunaan Kamera

Penggunaan fitur kamera biasanya terjadi pada kaum wanita, dimana lebih suka mendokumentasikan momen berharga dalam bentuk video ataupun foto. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab baterai yang kalian gunakan pada handphone kalian lebih cepat habis.

Gue menyarankan, untuk penggunaan kamera lebih baik secukupnya saja. Apabila kalian bekerja atau beraktivitas lebih banyak menggunakan kamera pada handphone kalian, ada baiknya kalian memilih kapasitas baterai yang cukup besar agar kalian tidak terlalu sering mencari stop kontak untuk melakukan pengisian daya pada handphone kalian.

Sampai disini, kalian sudah bisa tahu atau belum nih apa yang membuat baterai kalian terasa cepat habis saat digunakan? Kalau masih ada yang kurang mengenai faktor penyebab baterai handphone cepat habis, silahkan tuliskan di kolom komentar ya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA