Tips Memilih Headset Gaming Yang Nyaman Buat Telinga

Headset Gaming Menutupi Telinga

Untuk kalian yang hobi mendengarkan musik atau bermain game, artikel ini akan memberikan kalian beberapa cara atau tips memilih headset gaming yang nyaman untuk telinga kalian. Pasti gak mau dong, ketika kalian membeli headset cukup mahal, tetapi kalian tidak bisa merasakan apa yang kalian inginkan.

Sebelum lebih jauh terkait headset gaming ini, gue berharap kalian tahu lebih dahulu beberapa perbedaan antara earphone, headset dan headphone. Kalian bisa membaca artikel mengenai headset lebih detail kalian bisa baca disini. Jadi, kalian bisa membedakan mana yang lebih cocok untuk bermain game, mendengarkan musik atau hal lainnya yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Cara dan Tips Memilih Headset Gaming

Untuk kalian yang ingin menggunakan headset gaming, berikut ini beberapa tips dan cara memilih headset gaming yang perlu kalian ketahui:

Sesuaikan Dengan Telinga

Hal yang perlu kalian lakukan pertama kali adalah untuk menyesuaikan ukuran headset dengan telinga kalian. Untuk penggunaan earphone, gue menyarankan menggunakan earphone In-Ear Monitor (IEM), biasanya jenis ini menggunakan karet dan masuk sampai ke dalam lubang telinga.

Ada beberapa kelebihan ketika kalian memilih IEM untuk kalian gunakan, diantaranya tidak sakit ketika dipakai. Tetapi, perlu kalian ketahui, hanya beberapa merk earphone jenis ini memiliki bud yang nyaman untuk masuk di telinga.

Menutupi 95% Telinga

Headset Gaming Menutupi Telinga

Apabila kalian ingin memilih headset gaming, pastikan menggunakan headset yang menutupi 95% bagian dari telinga kalian. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kenyamanan kalian dalam menggunakan ini, dan membuat telinga kalian tidak terlalu sakit saat menggunakan headset gaming.

Lihat Detail Pembelian Offline

Untuk memilih headset gaming, yang perlu kalian lakukan adalah jangan membeli headset gaming secara online. Karena, kalian tidak bisa merasakan tingkat kenyamanan penggunaan alat ini sebelum membeli headset gaming.

Selain itu, yang perlu kalian lakukan adalah melihat detail spesifikasi headset gaming termasuk impedance, sensitivitas, maupun noisenya. Sebenarnya, tidak ada patokan yang bisa membuat alat ini nyaman. Namun, kalian bisa mendengarkan sesuai dengan kenyamanan telinga kalian yang dengan mendengarkan musik atau bermain game yang memiliki tingkat detail yang cukup tinggi.

Pembelian di Toko Resmi

Seperti yang gue bilang diatas, jangan pernah membeli headset gaming secara online karena kalian tidak tahu bagaimana barang tersebut didapat, dan lainnya. Jangan sampai, kalian membeli di BM alias Black Market, walaupun harga murah, kualitas belum tentu terjamin serta garansi beum tentu ada.

Jangan Ikuti Orang Lain

Memilih Headset Gaming

Cara memilih headset gaming yang terakhir adalah jangan pernah sekalinpun mengikuti orang lain. Sebagai contoh, ketika teman kalian membeli headset gaming razer, jangan langsung kalian ikuti. Tetap, ada baiknya kalian mencobanya terlebih dahulu dan merasakan tingkat kenyamanan pada telinga kalian.

Hal ini dikarenakan tingkat kenyamanan telinga kalian untuk mendengarkan musik, video atau bermain game menggunakan headset gaming berbeda. Ada yang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi, ada yang memerlukan suara yang lebih besar. Pastikan kalian bisa memaksimalkan headset gaming yang akan kalian beli.

5 tips memilih gaming diatas semoga membantu kalian ketika ingin membeli headset dengan harga yang cukup mahal. Kalau ada yang ingin menambahkan bagaimana cara memilih headset gaming, silahkan tuliskan dikolom komentar, ya.