Tips Mengisi Baterai Handphone Dengan Benar Agar Tahan Lama

Matikan Handphone

Banyak yang salah kaprah terkait pengisian daya pada baterai handphone yang mereka gunakan, mungkin karena salah membaca cara mengisi baterai handphone atau tidak tahu bagaimana yang benar. Ada beberapa tips untuk kalian agar pengisian daya pada baterai kalian lebih tahan lama dan tentunya membuat baterai kalian lebih awet.

7 Tips Mengisi Baterai Handphone Agar Tahan Lama

Sebenarnya, bagaimana cara mengisi baterai ponsel dengan benar agar daya tahan baterai kalian lebih awet? Berikut ini beberapa tips untuk kalian dalam melakukan proses pengisian baterai handphone yang kalian gunakan:

Gunakan Charger Handphone Yang Asli

Charger Handphone

Penggunaan charger yang kalian gunakan untuk mengisi baterai handphone menjadi hal yang cukup berpengaruh untuk membuat daya tahan baterai kalian lebih tahan lama. Kebanyakan orang mengabaikan penggunaan charger handphone bukan dengan charger original atau yang asli dari merek handphone kalian.

Sekedar untuk diketahui bahwa pada perangkat charger yang kalian miliki sudah disesuaikan dengan kapasitas daya baterai yang kalian gunakan. Sehingga jika kita menggunakan charger yang berbeda akan terjadi perbedaan kapasitas, yang membuat baterai kalian tidak tahan lama bahkan menjadi rusak.

Jangan Menunggu Baterai Habis

Baterai Habis

Banyak yang salah kaprah terkait pengisian daya baterai pada handphone yang kalian gunakan. Biasanya, kalian mengisi baterai handphone saat posisi baterai sudah benar-benar habis. Padahal, cara ini kurang dianjurkan untuk membuat daya tahan baterai kalian lebih tahan lama.

Kenapa seperti itu? Apabila kalian menunggu baterai sampai benar-benar habis, untuk mengisi baterai handphone dari kondisi 0 akan membuat suhu meningkat dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Ada baiknya, untuk melakukan pengisian baterai diusahakan ketika baterai handphone pada kondisi 10 sampai 20 persen.

Jangan Mengisi Sampai Penuh 100 Persen

Penuh 100 Persen

Kesalahan berikutnya dalam melakukan pengisian daya baterai pada handphone kalian adalah mengisi sampai 100 persen. Hal ini justru membuat daya tahan baterai kalian menjadi tidak tahan lama dan apabila semakin sering dilakukan dapat merusak baterai kalian sendiri.

Oleh karena itu, mengisi baterai handphone sebaiknya dimulai saat baterai kalian masih 30 persem sampai 80 atau 90 persen saja. Ini membuat voltase atau tegangan pada baterai tetap rendah dan baterai akan lebih awet dan tahan lama.

Hentikan Penggunaan Power Bank

Mengisi Baterai Handphone Menggunakan Power Bank

Penggunaan power bank untuk mengisi baterai handphone kalian sebenarnya tidak disarankan. Mengapa? Untuk menggunakan power bank yang terlalu sering dapat membuat daya tahan baterai handphone kalian akan lebih mudah drop.

Selain itu, penggunaan power bank yang terlalu sering dapat mengurangi usia baterai yang kalian gunakan, apalagi kalian menggunakan power bank palsu untuk melakukan pengisian daya pada handphone kalian. Karena itu, usahakan hanya menggunakan power bank pada saat yang mendesak saja.

Matikan Handphone Saat Pengisian Daya

Matikan Handphone

Hal yang cukup sering terjadi saat melakukan pengisian baterai adalah tetap pada kondisi handphone menyala. Untuk membuat daya tahan baterai lebih tahan lama, usahakan saat mengisi baterai handphone kalian dalam keadaan mati.

Dengan cara seperti itu, seluruh aplikasi dan perangkat handphone kalian akan beristirahat sejenak yang dapat mempercepat proses pengisian baterai handphone kalian. Lakukan proses reboot untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi berkaitan dengan baterai handphone kalian.

Jangan Mengisi Baterai Melalui Laptop

Mengisi Baterai Handphone Melalui Laptop

Dalam keadaan tertentu, kalian biasa melakukan pengisian baterai handphone menggunakan laptop kalian bukan? Hal ini sebaiknya tidak kalian lakukan secara terus menerus, kecuali dalam keadaan yang mendesak dan sangat penting.

Hal ini dapat membuat baterai kalian tidak tahan laman, dikarenakan port USB pada laptop yang kalian gunakan hanya memiliki arus sebesar 0,5 A sehingga proses pengisian daya pada baterai kalian akan menjadi lebih lambat.

Melakukan Pengisian Pada Pagi Hari

Mengisi Baterai Handphone Pengisian Pada Pagi Hari

Pemilihan waktu untuk melakukan pengisian baterai handphone kalian menjadi sangat penting untuk membuat baterai kalian lebih tahan lama. Untuk mengisi baterai handphone yang kalian gunakan, usahakan dilakukan pada pagi hari.

Hal ini bertujuan agar kalian tidak melakukan overcharge pada saat kalian tertidur dimalam hari. Ini akan membuat daya tahan baterai tidak tahan lama dan lebih cepat rusak.

Bagaimana jika menggunakan baterai double power? Kalian bisa membaca terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangannya sebelum mengganti baterai handphone kalian. Apabila tetap ingin memaksakan dengan pengetahuan yang kalian punya, silahkan kalian lakukan.

Ada beberapa rekomendasi baterai double power yang bisa kalian gunakan. Tapi, usahakan kalian sudah tahu betul resiko penggunaan baterai jenis ini. Semoga beberapa tips diatas bisa membantu kalian untuk memahami, bagaimana cara mengisi baterai handphone yang benar agar baterai kalian lebih tahan lama.