Tips dan Cara Memilih Laptop Gaming Sesuai Kebutuhan Spesifikasinya

Cara Memilih Laptop Gaming

Sebenarnya, perlu gak sih memilih laptop gaming dengan desain yang bagus? Apakah cukup menggunakan laptop gaming yang memiliki prosesor core i3? Apakah kapasitas hard disk sebesar 500GB sudah ideal untuk digunakan pada laptop gaming kalian? Beberapa pertanyaan diatas pasti pernah kalian tanyakan kepada teman kalian yang memang hobi dengan game. Betul?

Cara Memilih Laptop Gaming Sesuai Kebutuhan

Tidak sedikit diantara mereka yang memberikan pendapat ketika ditanya hal seperti itu dengan spesifikasi laptop gaming ideal menurut mereka masin-masing. Sebenarnya, bagaimana tips memilih laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan kalian? Dibawah ini beberapa cara untuk memilih laptop gaming yang kalian butuhkan:

Pilih RAM Yang Sesuai

RAM merupakan inti dari sebuah laptop gaming, oleh karena itu banyak yang memberikan cara memilih laptop gaming untuk menggunakan ukuran yang besar. Apakah RAM 8GB cukup untuk digunakan pada laptop gaming kalian?

Menurut pengalaman gue, ketika menggunakan RAM berukuran 8GB terbilang sudah cukup tapi masih ada sedikit lagging ketika memainkan game yang berat. Ukuran RAM ideal pada laptop gaming menurut gue sekitar 16GB keatas, ini untuk membuat kalian lebih nyaman saat bermain game kesayangan kalian.

Nantinya, kalau dirasa dengan ukuran RAM yang tidak sesuai dengan gameplay kalian. Bisa kalian ganti dengan kapasitas yang lebih besar, tips mengganti RAM sudah gue berikan pada artikel tersebut. Silahkan kalian baca terlebih dahulu.

Pilih Merek VGA Card

Selain RAM, untuk membuat mata kalian lebih nyaman biasanya banyak yang menyarankan untuk penggunaan VGA yang terbaru. Untuk urusan satu ini, gue bisa memberikan beberapa pilihan seperti Asus A46CM-WX095D dengan NVIDIA® GeForce® GT635M 2GB.

Kalau kalian terkendala pada budget yang masih terbatas, kalian bisa menggunakan Asus A46CB-WX023D NVIDIA® GeForce® GT740M 2GB yang terbilang harga cukup terjangkau untuk kantong pribadi kalian sendiri.

Pilih Prosesor

Cara Memilih Laptop Gaming

Cara memilih laptop gaming yang paling mudah adalah dengan memilih prosesor yang akan kalian gunakan. Untuk prosesor yang ideal untuk digunakan menurut gue pribadi dengan menggunakan prosesor core i5, apabila kalian memilih laptop dengan proses intel. 

Bagaimana dengan prosesor AMD untuk laptop gaming yang kalian gunakan? Umumnya, kalian akan diberikan laptop gaming dengan seri U atau ULV yang memang dirancang irit daya. Ada baiknya, kalian bisa bertanya terlebih dahulu atau membandingkan dengan teman kalian.

Nantinya, kalian akan bisa merasakan tingkat kenyamana berbeda apakah menggunakan core i5, core i3 atau menggunakan prosesor AMD pada laptop gaming kalian. Bagi banyak orang, processor AMD dengan APU-nya dianggap lebih baik dari milik Intel untuk kebutuhan gaming kalian.

Pilih Kapasitas Hard Disk

Lantas, untuk ukuran hard disk sendiri bagaimana? Gue pribadi menyarankan menggunakan ukuran 500GB ke atas. Hal ini sangat diperlukan, mengingat ukuran file dari beberapa game yang ada cukup memakan kapasitas hard disk kalian.

Tapi, perlu kalian pertimbangkan juga apakah memungkinan untuk dilakukan updgrade dari hard disk ke SSD. Beberapa ukuran SSD memang belum terbilang cukup besar, tapi kecepatan dan daya tahan baterai yang ditawarkan apabila menggunakan jenis ini terbilang cukup baik.

Pilih Ukuran Layar

Apakah menggunakan layar berukuran 14 inch sudah cukup untuk bermain game, atau perlu ukuran 15 inch agar lebih maksimal? Tentu, kedua ukuran layar ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada laptop gaming kalian nantinya.

Berapa sih ukuran layar terbaik untuk memaikan game pada laptop gaming kalian nantinya? Balik lagi, semua tergantung selera masing-masing penggunanya. Tapi, menurut pengalaman yang gue rasakan ukuran 15,6 inch cukup nyaman dimata. Kalau kalian ingin merasa lebih nyaman lagi, bisa kalian cari laptop gaming dengan layar full HD dan berjenis IPS.

Pilih Kapasitas Baterai

Cara memilih laptop gaming berikutnya yang cukup vital menurut gue adalah dengan mempertimbangkan kapasitas baterai pada laptop gaming kalian. Kenapa? Karena baterai terbilang hal yang cukup mengganggu kalian ketika bermain game seperti pubg atau game laptop lainnya karena memakan kapasitas yang cukup besar.

Untuk beberapa laptop gaming terbaru biasanya baterai akan diabaikan karena lebih mementingkan kenyamanan mata kalian dengan menggunakan VGA dan GPU terbaik. Tidak bisa dipungkiri, beberapa laptop gaming terbaru akan menyarankan penggunaan tenaga langsung dari colokan listrik dibandingkan dengan penggunaan baterai.

Dari beberapa tips atau cara memilih laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan kalian, tentu kalian bisa merasakan tingkat kenyamanan seperti apa yang kalian inginkan. Apakah ingin sangat nyaman tapi memakan dana yang cukup besar, atau bisa menggunakan yang sesuai dengan budget yang ramah dengan kantong kalian.

Sedikit saran dari gue untuk kalian yang baru ingin berpindah dari PC gaming ke laptop gaming, silahkan tanyakan pada teman yang lebih expert bagaimana cara memilih laptop gaming yang kalian inginkan.