tips merawat helm motor

3 Tips Merawat Helm Motor Ini Perlu Kalian Ketahui

tips merawat helm motor

Bagi kalia yang melihat gambar diatas pasti kalian bisa menebak helm motor apakah tersebut? Ya, helm NHK Terminator diatas sudah sedikit ada perubahan pada bagian kaca. Sengaja memang saya memasang stiker tersebut, tujuannya agar tidak terlalu sepi aja sih dikaca helm saya.

Tapi, tahukah kalian bahwa ada beberapa orang yang sangat menggilai yang namanya helm ini. Bahkan, tidak sedikit juga orang yang menjadikan helm motor sebagai koleksi pribadinya. Entah digunakan atau tidak, tentu memiliki helm dengan desain langka atau bagus akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pemilikinya.

Hal ini saya ketahui ketika saya bergabung disebuah grup facebook pecinta helm lokal ini. Ternyata, memang banyak para kolektor helm yang ada didalamanya. Akhirnya, bermula keisengan saya muncul isenglah keluar sebuah pertanyaan pada grup tersebut. “Gimana sih motor yang kalian punya?”

Tips Merawat Helm Motor

Dari sebuah perbincangan sederhana dan memang bertujuan untuk menimba ilmu dari para pendahulu yang sudah memulai dengan dunia helm ini, akhirnya saya mendapatkan sebuah jawaban dari rekan yang ada didalam grup tersebut, yaitu mas Ade Ahmad Fahrudin. Berdasarkan pengalaman beliau, ternyata begini motor kesayangan yang kalian punya.

  • Jangan menjemur helm langsung dibawah terik matahari.

Sejujurnya, menjemur helm langsung dibawah teriknya matahari sering saya lakukan. Apalagi, ketika saya sedang tertidur dihari libur dan orang tua dengan santainya menjemur helm dengan asalan menghilangkan bau pada helm saya.

Padahal menurut mas Ade jika helm dijemur langsung dibawah terik matahari, dapat mempercepat kerusakan pada busa helm tersebut bahkan menjadi tidak berisi lagi, dan yang paling parah styrofoam bagian dalam bisa cepat rusak sehingga dapat mengurangi tingkat keselamatan ketika terjadi kecelakaan.

  • Bersihkan busa helm secara rutin.

Untuk pencucian busa helm sendiri, usahakan menggunakan yang aman dan tidak menggunakan pembersih yang bersifat detergent, seperti shampo atau sabun pencuci piring, karena aman untuk kain busa agar tidak cepat luntur dan rusak. Jangan melaukan perendaman yang terlalu lama, karena dapat mengakibatkan kerusakan pada busa. Setelah dicuci, ingat jangan dijemur dibawah terik matahari. Cukup “dianginkan” saja.

  • Simpan helm didalam tempat yang sejuk.

Masih menurut mas Ade, ada baiknya helm yang kita gunakan ditempat yang sejuk seperti didalam lemari. Hal ini bertujuan agar tidak lembab dan tidak cepat berjamur, ada baiknya gunakan pengharum agar selain dapat mengharumkan lemari & helm hal ini juga bermanfaat untuk menghilangkan lembab dan jamur.

Selain 3 hal tips diatas yang dapat diikuti, tentu ada hal yang tidak kalah pentingnya. Yaitu ada pada bagian batok helm dan juga kaca helm. Bagaimana cara merawat kaca helm?

Untuk pencucian visor atau kaca helm yang dimiliki, ada baiknya menggunakan cairan yang memiliki PH aman dan menggunakan kain lap untuk kacamata, lcd/led tv atau menggunakan kain microfiber. Lakukan proses pengelapan dengan cara 1 arah saja, jika memang kaca helm dirasa terlalu kotor, ada baiknya dibersihkan dengan air mengalir & menggunakan sabun pencuci piring yg memiliki PH aman.

Mengapa hal ini disarankan oleh beliau? Karena jika kaca helm terlalu kotor dan langsung menggunakan lap hal ini dapat menimbulkan baret halus pada permukaan kaca helm. Setelah selesai melakukan proses ini, cukup dianginkan saja. Begitu pula dengan shell / batok helm, gunakan cairan pembersih kaca dan di lap menggunakan microfiber atau lap yang disebutkan diatas.

Well, semoga perbincangan santai yang terjadi pada grup tersebut pada artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Sayangi helm kalian sama saja seperti kalian menyayangi kepala kalian sendiri. Ada yang ingin ditambahkan? Silahkan berkomentar, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


6 comments on “3 Tips Merawat Helm Motor Ini Perlu Kalian Ketahui

  1. saya gak pernah merawat helm..padahal dia selalu melindungi saya saat bermotor… setelah baca artikel ini jadi pengen punya helm yang tetap bersih,, beli baru ah dan mulai dirawat dengan cara2 diatas, biar kacanya tetap bersih dan gak cepat tergores

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *