Macam-Macam Hard Case yang Bisa Melindungi Smartphone Kita

smartphone waterproof case

Keberadaan smartphone baik android atau iPhone, akan sangat tergantung dengan hard case yang digunakan agar tetap awet. Baik itu menggunakan bahan aluminium, plastik atau fiber. Akan tetapi menurut saya masih banyak orang yang belum memahami sepenuhnya bagaimana cara menggunakan dan merawat smartphone dengan baik.

Cara Merawat Smartphone Dengan Hard Case

Pasalnya tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone lebih rentan rusak ketimbang handphone standar. Coba saat kalian bandingkan smartphone Nokia 3210 dengan smartphone android atau iPhone yang banyak digunakan saat ini.

Jika terjatuh, pasti Nokia 3210 lebih ampuh dan tidak akan mudah rusak. Oleh karena itu dibutuhkan cara-cara tertentu untuk bisa melindungi smartphone supaya tidak mudah rusak. Salah satunya adalah melindungi bagian luar smartphone menggunakan berbagai macam casing.

Hard case sendiri merupakan aksesoris tambahan yang fungsinya melindungi ponsel dari benturan, goresan atau dari kotoran. Secara umum ada beberapa jenis hard case atau soft case yang bisa kalian pilih sesuai fungsinya, yaitu hardcase, softcase, flip cover, folio case, puch case, dan smartphone waterproof case.

Jenis Hard Case Berdasarkan Fungsinya

smartphone waterproof case

Supaya kalian semua tidak bingung lagi mengenai jenis casing yang beredar dipasaran, saya akan bahas satu per satu fungsi beberapa macam hard case tersebut. Berikut ini beberapa jenis dan fungsi hard case untuk melindungi smartphone android atau iPhone kalian:

Hard Case

Sesuai dengan namanya case ini terbuat dari bahan yang keras. Misalnya alumunium atau sejenis plastik fiber. Dari segi tampilannya, hardcase biasanya terlihat lebih kokoh dan elegan. Jenis case ini sangat cocok melindungi smartphone dari berbagai benturan supaya tidak mudah retak atau pecah.

Soft Case

Jenis case yang paling banyak dicari saat ini. Selain lebih ringan, warna dan variasinya pun lebih banyak. Softcase biasanya terbuat dari bahan karet, silikon atau busa. Fungsinya sama seperti hard case, yaitu untuk meredam benturan. Sayangnya jenis softcase ini cenderung lebih mudah kotordan sifatnya menahan panas sehingga kurang baik efeknya untuk smartphone kita.

Flip Cover

Jenis case selanjutnya ada flip cover, yang fungsinya menutup bagian belakang smartphone sekaligus berperan sebagai pelindung layar. Umumnya flip cover terbuat dari bahan plastik fiber. Flip cover mirip dengan folio case, fungsinya sama, hanya saja untuk memasang folio case kita tidak perlu melepaskan back casing asli smartphone kita.

Push Case

Sedangkan puch case juga sering disebut dengan sarung ponsel. Dan tentu saja fungsinya untuk menyimpan ponsel. Misalnya saat diletakkan di dalam saku atau di dalam tas sehingga bagian depan dan belakang smartphone kita bisa terlindungi.

Waterproof Case

Sedangkan case yang tengah populer saat ini adalah smartphone waterproof case, case yang bisa dipasang pada smartphone supaya bisa digunakan untuk beraktivitas di dalam air. Dengan demikian kalian tidak perlu khawatir lagi saat ingin mengambil foto atau merekam video di dalam atau di permukaan air.

Casing ini secara umum terbuat dari polycarbonate yang elastis dan memiliki anti UV sehingga membantu kamera menahan silau sinar matahari. Nah, itu tadi beberapa jenis casing smartphone yang mungkin saat ini sedang Anda butuhkan.

Rekomendasi Hard Case Untuk iPhone/Android Kalian

Rekomendasi Hard Case

Berikut ini 10 rekomendasi hard case terbaik untuk iPhone yang bisa kalian gunakan, silahkan dilihat dan cek harganya di toko online kesayangan kalian masing-masing:

  1. Spigen. Salah satu rekomendasi casing yang terkenal dari dari Spigen adalah Neo Hybrid dan Rugged Armor. Tidak hanya terlihat kokoh dan keren dengan elemen serat karbonnya,
  2. OtterBox. Hard case untuk iPhone atau android berikutnya adalah otterbox. OtterBox sendiri memiliki beberapa jenis seperti Achiever Series, Defender Series, Resurgence Series, Symmetry Series, Commuter Series, Reflex Series, Armor series, dan masih banyak lagi.
  3. Ringke. Apabila kalian sedang mencari hard case berkualitas untuk android atau iPhone kalian, maka casing dari Ringke bisa menjadi pilihan yang tepat buatmu.
  4. Incipio. Produk yang diberikan oleh Incipio datang dengan desain yang tipis, stylish, dan unik. Incipio juga merupakan salah satu perusahaan pertama yang mengenalkan case dengan lapisan ganda.
  5. LifeProof. Kalian yang menyukai kegiatan outdoor, bisa memilih casing HP dari LifeProof untuk melindungi ponselmu selama petualangan.
  6. Anker. Reokmendasi casing iPhone atau android terbaik yang dimiliki oleh Anker adalah Anker Toughshell Case. Casing ini dibuat dengan teknologi gravity guard dan shock shield yang memberikan proteksi kelas militer bagi perangkat yang kalian gunakan.
  7. UAG/Urban Armor Gear.

Dari ke-tujuh rekomendasi hard case untuk android atau iPhone diatas, mana yang menjadi pilihan hard case kalian gunakan?

4 Replies to “Macam-Macam Hard Case yang Bisa Melindungi Smartphone Kita”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *