Upgrade RAM Laptop: Perhatikan Beberapa Hal Sebelum Menggantinya!

Upgrade RAM Laptop

Tidak semua orang tahu bahwa RAM laptop yang mereka gunakan memiliki kapasitasnya dan ada waktunya untuk upgrade RAM laptop tersebut. Kebanyakan orang akan beranggapan bahwa, laptop tidak memerlukan proses ini. Cukup gunakan yang memiliki kapasitas besar, dan bisa digunakan selamanya.

Beberapa laptop yang pernah gue gunakan, pernah beberapa kali melewati proses upgrade RAM untuk menambah kecepatan untuk membantu kinjerja gue saat itu. Biar kalian gak bingung, gue bahas dulu secara perlahan mengenai RAM laptop deh.

Pengertian dan Fungsi RAM Pada Laptop

RAM yang merupakan sebuah singkatan dari random access memory adalah sebuah komponen yang berada pada laptop, desktop bahkan pada smartphone yang kalian gunakan. Secara garis besar, RAM ini berfungsi untuk mempercepat kinerja perangkat yang kalian.

Untuk mendukung hal tersebut, ada beberapa fungsi lainnya, seperti untuk membantu menyimpan memori secara sementara, untuk membantu penggunaan multitasking, untuk mempercepat kinerja pemrosesan informasi dan menentukan spesifikasi dari laptop, komputer atau smartphone kalian.

Waktu Yang Tepat Mengganti RAM Laptop

Pertanyaan yang cukup terjadi adalah kapan sih waktu yang cocok untuk upgrade RAM laptop kalian? Dibawah ini beberapa ciri atau tanda yang terjadi dan harus membuat kalian mengganti RAM kalian:

  1. Saat laptop atau pc kaian mendapatkan notifikasi “low memory” atau “out of memory” dan terjadi cukup sering.
  2. Saat proses booting pada laptop kalian atau PC terasa lebih lama dari yang biasanya terjadi.
  3. Saat laptop atau PC kalian terasa agak berat ketika membuka beberapa aplikasi didalamnya.
  4. Saat sering terjadi crash atau hang saat membuka sebuah aplikasi yang biasa kalian buka.
  5. Saat aplikasi yang kalian ingin gunakan, tidak didukung oleh penggunaan RAM pada laptop kalian saat ini.

Tips Sebelum Melakukan Penggantian RAM

RAM Laptop

Saat hal diatas terjadi, ada baiknya kalian melakuka upgrade RAM laptop yang kalian gunakan untuk mendukung kinerja kalian sehari-hari. Berikut ini tips yang bisa gue berikan untuk yang ingin melakukan upgrade RAM laptop kalian:

Sesuaikan Kebutuhan

Ini penting, karena kita harus tahu untuk apa kita melakukan upgrade ram ini? Apakah untuk bermain game, bekerja atau hal lainnya yang berhubungan dengan aplikasi yang ingin kita gunakan. Misalnya, melakukan live streaming youtube, melaukan proses editing video, atau hal berat lainnya yang membutuhkan RAM lebih besar.

Namun, yang perlu kalian ingat sebelum melakukan upgrade RAM laptop kalian adalah jangan terburu-buru sebelum kalian memastikan apa yang kalian butuhkan saat setelah melakukan penggantian RAM kalian.

Sistem Operasi Yang Digunakan

Sistem operasi ini cukup berpengaruh pada proses upgrade RAM laptop kalian. Mungkin kalian sudah baca artikel gue yang berkata proses mengganti RAM gue ajaib. Kalau kalian baca disana, gue tidak melihat sistem operasi apa yang gue gunakan.

Misalnya, saat kalian menggunakan sistem operasi windows 32bit dan kalian ingin mengganti RAM menjadi 8GB. Sistem operasi tersebut hanya akan membaca RAM pada laptop kalian sebesar 4GB, karena kapasitas memori pada sistem operasi tersebut hanya sebesar itu.

Perlu dipastikan dengan benar, apakah sistem operasi yang kalian gunakan mampu menampun kapasitas RAM yang lebih sebelum kalian melakukan upgrade RAM laptop kalian.

Tipe Yang Dipasang

Hal yang harus diperhatikan sebelum kalian upgrade RAM laptop atau pc kalian adalah tipe dari RAM tersebut. Karena, ada 2 tipe ram yang digunakan. Pertama, SODIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module) ini adalah RAM yang digunakan untuk laptop atau notebook kalian. Sedangkan DIMM (Dual Inline Memory Module) biasanya digunakan pada PC / Komputer.

Contohnya, SODIMM DDR4 8GB PC4-19200 (2400MHz). Dimana tulisan DDR4 menunjukan tipe RAM yang digunakan, 8GB adalah kapasitas memori dari RAM tersebut, dan PC4-19200 (2400MHz) menunjukkan tipe memorinya yang berarti memiliki kecepatan 2400 MHz.

Biar kalian gak salah pilih, dibawah ini beberapa jenis atau tipe RAM untuk laptop kalian:

  • DRAM (Dynamic Random Access Memory). Jenis RAM ini merupakan memori semi konduktor yang memerlukan kapasitor.
  • SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory). RAM yang memiliki kecepatan cukup tinggi dibanding jenis-jenis RAM lainnya yakni kecepatan sampai 100 – 133 Mhz.
  • RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM ini awalnya dikembangkan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4 atau untuk keperluan perangkat gaming.
  • SRAM (Static Random Access Memory). RAM komputer ini terbuat dari semacam semi konduktor yang tidak memerlukan kapasitor.
  • EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory). RAM ini sangat cocok dipasang pada semua komputer Pentium.
  • FPM DRAM (First Page Mode DRAM). FPM bekerja pada rentang frekuensi 16 MHz hingga 66 MHz dengan akses waktu hingga 50ns.
  • Flash RAM. Jenis memori berkapasitas rendah yang digunakan pada perangkat elektronika seperti TV, VCR, hingga ponsel lama

Kecepatan RAM

Pertanyaan berikutnya, emang laptop bisa ganti RAM? Coba kalian lihat lagi deh, tipe RAM yang ada di laptop kalian. Biasanya, RAM bawaan laptop itu tipenya DDR4 PC-19200 seperti contoh diatas. Nah, kalau kalian ingin mengganti atau upgrade RAM laptop kalian harus dengan tipe RAM yang sama alias identik.

Setelah itu semua kalian ketahui, yang paling penting sebelum kalian upgrade RAM laptop atau pc kalian adalah bertanya, bisa kepada teman kalian atau orang yang kalian anggap ahli terkait masalah ini. Jangan sampai, kalian mengeluarkan uang cukup besar tapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sampai disini, ada yang ingin kalian tanyakan perihal tips sebelum mengganti RAM dan beberapa ciri yang bisa kalian lihat sebelum mengganti RAM? Kalau masih ada yang kurang atau belum jelas mengenai proses upgrade RAM laptop atau pc ini, silahkan bertanya di kolom komentar ya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA