Yuk Mengenal Helm dan Perangkatnya Lebih Dekat!


ZA Campaign

Mengenal Helm dan Perangkatnya

Mungkin teman-teman semua sudah tahu kalau saya salah seorang pengguna helm NHK Terminator dan NHK Aviator, bisa kalian baca sendiri bagaimana ulasan saya mengenai helm ini di artikel sebelumnya ya. Nah, sekarang saya mau kalian mengenal helm dan perangkatnya yang ada didalam helm yang kalian gunakan tersebut.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui. Apalagi ketika kalian menggunakan helm full face seperti saya pribadi. “Emang helm full face itu penting dan lebih aman, Terr?” Kalau ada pertanyaan seperti itu, silahkan cari tahu sendiri deh ya. Kalau nanya sama saya, lebih aman pakai full face dibanding half face. Kenapa?

Sejujurnya, saya seorang yang berawal menggunakan helm half face dan beberapa teman merekomendasikan untuk pindah haluan menggunakan full face dengan berbagai alasan. Namun, secara logika sederhana yang saya miliki ternyata memang benar adanya. Kepala kita lebih terlindung sempurna, mulai dari kepala sampai dagu. Tetapi, semuanya kembali kepilihan masing-masing orang sih!

Mengenal Helm dan Perangkatnya.

Flat visor

Flat visor itu adalah visor helmet yang tidak cembung. Maksudnya tidak cembung adalah dari atas ke bawah tidak cembung alias rata. Visor tipe ini biasanya tidak dijumpai pada helmet kondisi default, dan beruntungnya saya adalah ketika saya akhirnya pasang flat visor di NHK Terminator milik saya pribadi.

Antifog (Pinlock)

Sebenarnya sejauh yang saya mengerti pinlock itu sendiri adalah merk yang mengeluarkan produk antifog (beserta dengan si pengait-nya). Antifog yang umum dijumpai berupa lapisan tambahan yang disangkutkan pada pengait yang berada di bagian dalam visor.

Antifog sendiri bertujuan untuk membuat visor helmet tetap clear dan bebas dari embun di saat kondisi tertentu (seperti kondisi hujan, suhu dingin dll). Tidak semua helmet sudah ‘pinlock ready’ (maksud dari pinlock ready adalah visor utamanya sudah dibekali pengait untuk mengaitkan lapisan antifog), hampir dipastikan merk terkemuka sudah pinlock ready sekaligus dengan lapisan antifognya sebut saja Shoei, X-Lite, Nolan, HJC RPHA10/RPHA10+.

Double D-Ring

Double D-Ring adalah sistem pengikat strap helmet yang diakui merupakan sistem pengikat terbaik sehingga merupakan standard dari helmet yang diizinkan digunakan di berbagai ajang balap bergengsi. Double D-Ring sendiri terdiri dari 2 ring berbentuk ‘D’ dan tali yang diikatkan di sekitar ring tersebut. 

Chin Curtain

Merupakan aksesoris tambahan yang biasanya disertakan dalam pembelian helmet. Chin curtain adalah benda berbentuk sepertiga lingkaran yang disematkan pada gap antara dagu dengan chin guard helmet. Fungsi utama dari chin curtain adalah untuk menghindar benda2 asing (kerikil, daun, debu dll) masuk ke dalam helmet melewati gap antara dagu dan chin guard helmet.

Tear-off

Adalah lapisan seperti plastik yang disematkan di bagian luar visor. Tear-off hanya bisa digunakan pada visor helmet yang sudah dibekali dengan dudukan tear-off (berbentuk pin berwarna hitam di bagian kiri-kanan luar visor) dan flat visor. Fungsi utama dari tear-off sendiri adalah untuk menjaga visor utama dari benda2 asing yang mungkin terhempas ke arah visor seperti kerikil dll sehingga visor utama tetap aman dari scratch.

Kurang lebih itu adalah yang bisa saya bagikan untuk kalian semuanya. Kalaupun ada yang kurang dan perlu dikoreksi dan lain hal sebagainya. silahkan langsung tambahkan di kolom komentar, ya. Atau ada yang punya pengalaman dengan helm kesayangannya? Boleh di share juga, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


10 comments on “Yuk Mengenal Helm dan Perangkatnya Lebih Dekat!

  1. Pingback: TUTORIAL CARA PASANG DAN BIKIN TEAR OFF SENDIRI | Tips Otomotif | Go Go Go porn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *