Cara Mengganti DNS di Android

Cara Mengganti DNS

Bagi pengguna android, tentu akan bertanya bagaimana cara mengganti DNS untuk keperluan internetnya. Tapi, tahukah kalian arti DNS itu? Banyak cara yang membuat kita ingin tahu tentang hal ini, namun tidak semua orang dapat mengerti dan hanya bermodalkan untuk bertanya kepada teman sejawat saja dan tidak ingin mencari tahu didunia internet.

Cara Mengganti DNS

Aplikasi yang satu ini sangat mudah bagi teman-teman yang sering mengganti-ganti dns pada gadgetnya. Mengapa saya memberitahu cara ini? Mungkin saja ketika kita mengetikkan alamat sebuah domain di web browser, maka secara otomatis DNS server kita mencari alamat IP address dari host domain yang bersangkutan. Jika DNS server kita kurang tanggap dalam mencari alamat IP, maka kita bisa menggantinya dengan DNS lain yang bisa lebih cepat.

Apa Itu DNS?

DNS adalah singkatan dari Domain Name System yang merupakan sebuah sistem untuk menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

Aplikasi dan Cara Mengganti DNS di Android

Saat ini DNS yang populer adalah DNS milik google dan Open DNS. Kalian bisa mengubah DNS koneksi internet kalian dengan dua DNS tersebut atau yang lainnya untuk mempercepat koneksi. Lalu bagaimana cara mengubah DNS di android? Secara default, kalian tidak bisa mengubah pengaturan dari DNS yang ada. Namun, jika android anda sudah dalam keadaan ROOT, maka apapun bisa dilakukan. Caranya?

  • Silahkan install aplikasi SetDNS melalui Play Store. Anda bisa mencarinya dengan kata kunci ‘SetDNS’ atau klik disini kalau kalian bingung mencarinya.
  • Jalankan aplikasi set DNS tersebut.
  • Pada baris DNS1 dan DNS2, isi dengan DNS yang anda kehendaki.
  • Kemudian tekan Apply, aplikasi tersebut akan segera mengubah pengaturan DNS di android kalian masing-masing.

Bagi yang belum tahu beberapa DNS yang ingin digunakan, silahkan teman-teman pilih sendiri mana yang teman-teman kehendaki dibawah ini :

Google DNS

8.8.8.8
8.8.4.4

Open DNS

208.67.222.222
208.67.220.220

DNS Nawala

180.131.144.144
180.131.145.145

DNS Symantec

198.153.192.1
198.153.194.1

Masih banyak lagi dns yang bertebaran dan bisa didapatkan secara gratis, silahkan teman-teman cari informasinya pada mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll. Mungkin sekian informasi yang dapat saya berikan untuk teman-teman semuanya, semoga setelah membaca artikel ini kalia semakin mengetahui mengenai bagaimana cara mengganti DNS untuk smartphone android yang kalian miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *