SEO Untuk Youtube: Lengkapi Metadata Video Youtube Kalian!

Metadata Video Youtube

Kalau ngomongin youtube, pasti kalian akan tahu apa itu metadata video youtube yang ada di channel kalian. Apa itu metadata video youtube? Itu lho mulai dari title, description sama tag ketika kalian mengunggah video. Sampai sini pahamkan ya? Sebelum gue lanjut nih, coba kalian baca beberapa artikel gue sebelum ini biar semakin lengkap ya :)

Berbicara masalah SEO, gue pun sudah cukup sering tapi ga terlalu jago banget sih masalah ini. Banyak yang lebih jago diluaran sana, dan mungkin ingin membagikannya kepada kalian semua. Nah, tulisan ini berdasarkan pengalaman yang terjadi sama gue beberapa waktu lalu di video dibawah ini. Coba dilihat dulu deh :)

Coba kalian lihat, ada yang aneh dengan video diatas? Gue rasa, sekilas ga terlihat aneh kan untuk manusia? Tapi, bagaimana dengan mesin pencari? Gue ceritain dulu kronologinya video diatas, ya. Biar tahu perjalanan awalnya sebelum gue unggah dan terjadi tulisan ini.

Awalnya, gue upload video youtube diatas sebagai stock video yang akan gue tayangkan 1 hari setelah gue merekam dan mengunggah ke channel youtube gue. Setelah selesai proses menggungah video, dengan santai gue langsung menyimpannya tanpa mengubah judul, deskripsi dan tag yang ada.

1 hari setelahnya, barulah gue lengkapi metadata video tersebut mulai dari judul sampai dengan tag yang gue inginkan. Sederhananya, gue mencari tingkat kesamaan video dengan semua metadata yang gue isi nantinya. Setelah semua selesai, tayanglah video tersebut dan diluar dugaan hasilnya, tidak seperti yang gue bayangkan.

Gue coba mencari tahu mengapa itu semua bisa terjadi? Jawabanpun gue temukan, coba kalian copy-paste link ini https://www.youtube.com/watch?v=VN4a3I5yxW4 di halaman google ataupun youtube. Apa yang akan terlihat? Mungkin seperti gambar dibawah ini:

Lengkapi Metadata Vide Deskripsi

Terlihat dari gambar diatas, metada video yang gue lengkapi setelah menyimpan dalam keadaan kosongpun menjadi penyebabnya. Ini, belum tentu benar karena ini hanya analisa sementara gue semata. Deskripsi video yang gue ubah dikemudian hari, ternyata tidak terbaca oleh mesin pencari google. Mungkin ini penyebabnya, mengapa hasil yang gue terima tidak seperti yang gue bayangkan.

Bagaimana menurut teman-teman para pakar SEO diluar sana, apakah benar pengaruh gue yang lengkapi metadata video tersebut setelah gue simpan video saat pertama kali gue unggah, atau ini memang sistem youtube sendiri yang membaca metadata video cukup lama?

Beberapa artikel yang bisa kalian baca lainnya, sudah pernah gue tulis dibawah ini:

Menurut pandangan gue saat ini, ada baiknya lengkapi metadata video sebelum kalian melakukan penyimpanan video meskipun video tersebut masih private dan belum tayang dengan lengkap. Menghindari, hal-hal yang terjadi sama gue hari ini. Kalau ada yang punya pandangan lain, silahkan berkomentar ya untuk lengkapi metadata video youtube.

2 Replies to “SEO Untuk Youtube: Lengkapi Metadata Video Youtube Kalian!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini