Cara Mengoptimalkan Video Youtube Untuk Menambah Waktu Tonton

Upload Video Setiap Hari

Menggunakan SEO Youtube sebenarnya punya peran tersendiri sebagai cara mengoptimalkan video youtube yang kita buat, ini beberapa caranya. Setelah beberapa waktu yang lalu gue membahas semua serba serbi youtube, sekarang waktunya kita bahas sedikit lebih mendalam untuk videonya tersendiri. Emang apa yang bisa dioptimalkan lagi? 

Banyak yang belum tahu, mengenai hal ini. Karena sejujurnya, gue juga beberapa bulan terakhir mencoba cara ini untuk dipraktikan. Beberapa diantaranya terlihat aneh dan kadang gak masuk akal. Apalagi, kalau udah ngomongin masalah SEO untuk youtube. Tentunya, selain memanfaatkan beberapa kata kunci channel youtube yang sudah kita atur ya. Sebelum lebih jauh, kita lihat dulu beberapa arti yang kalian perlu tahu yuk!

cara mengoptimalkan video youtube

Apa Arti Kata Optimal?

Optimal masuk ke dalam bahasa inggris yaitu bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada abad pertengahan awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Optimal adalah paling bagus atau arti lainnya dari optimal adalah paling tinggi. Inilah rangkuman definisi optimal dari berbagai referensi.

Apa Itu Waktu Tonton Video Youtube?

Sederhananya adalah waktu yang dihabiskan oleh penonton kalian untuk menonton 1 video yang diupload. Bingung? Contohnya begini, misal kalian ada sebuah video yang berdurasi 10 menit. Sedangkan gue, upload video berdurasi 5 menit. Penonton A baru 3 menit menonton video kalian, sudah memutuskan untuk mengakhiri nontonnya dan melihat video gue yang durasinya cuma 5 menit. Tapi ketika menonton video gue, si penonton A ini tidak ada yang dilewati dan menonton sampai selesai.

Dari contoh di atas, video kalian mendapatkan waktu tonton selama 3 menit. Sedangkan video gue, mendapat waktu tonton 5 menit. Kalau begini, mana kira-kira yang akan direkomendasikan oleh youtube berada dihalaman depannya mereka? tentu, video gue yang punya waktu tonton lebih besar dibanding kalian.

Tapi, itu baru 1 orang yang menonton. Bagiamana kalau 10? 100? Bisa lain lagi ceritanya, karena youtube punya caranya tersendiri atau algoritma youtube tersendiri untuk mencatat berapa waktu tonton tiap orang untuk 1 video dan diakumulasikan menjadi 1 waktu. Kalau udah begini, gimana cara optimasi video youtube kalian? Gue kasih tau caranya.

Beberapa Cara Mengoptimasi Video Channel Youtube

Perbaiki Audio Daripada Video

Perbaiki Audio Daripada Video

Betul sekali, ketika membuat video untuk channel youtubenya. Banyak yang lebih fokus ke gambar yang dihasilkan, terkadang mereka lupa kebutuhan suara yang dimasukan kedalam sana. Buktinya? Banyak kok yang mencari kamera bagus untuk sekedar membuat vlog ringan dibandingkan yang mencari microphone untuk videonya.

Padahal, menurut beberapa informasi yang gue dapatkan baik dari teman-teman yang membuat konten ataupun admin forum pada waktu itu, audio atau suara itu akan lebih menyelamatkan video kalian dibandingkan gambar yang dihasilkan. Orang yang menonton video youtube kalian, akan lebih memaklumi apabila gambarnya kurang baik daripada suara yang dihasilkan kurang baik.

Menyebutkan Kata Kunci didalam Video

Menyebutkan Kata Kunci didalam Video

Ini cara yang gue coba terapkan dibeberapa video belakangan ini. Kok gitu? Iya, gue melihat algoritma youtube juga mengambil suara yang ada didalam video untuk dicocokaan dengan judul, deskripsi dan juga tag video youtube yang kalian tuliskan.

Contohnya, ketika kalian menyebutkan kata “beberapa jenis kucing” didalam metadata video kalian, ada baiknya kalian juga menyebutkan kata tersebut ketika membuat video. Tapi, balik lagi ya ini belum tentu benar adanya yang bisa gue lakukan. Bisa aja salah, karena beberapa contoh video yang terakhir gue buat dan melakukan hal itu, statistiknya meningkat dan mendapatkan rekomendasi youtube dihalaman depan. Karena hal tersebut, subscribers gue meningkat. Untuk lebih jelas, kalian bisa baca beberapa cara menambah subscribers yang gue lakukan lainnya.

Tidak Menambahkan Sound Effect Berlebihan

Tidak Menambahkan Sound Effect Berlebihan

Sebenarnya, menabmbahkan sound effect di video kalian adalah salah satu yang paling banyak dilakukan. Mulai memberikan efek tertawa, tepuk tangan, sedih dan lainnya. Tapi, hal ini juga bisa mengakibatkan penonton kalian merasa terganggu dan berakhir mereka meninggalkan video yang sedang ditonton. Usahakan, ketika menggunakan efek suara gunakan seperlunya saja. 

Menggunakan Teknik Tanya Jawab / Clue

Menggunakan Teknik Tanya Jawab

Cara ini sepertinya sudah beberapa kali gue pakai, tapi tidak begitu sering. Tanya jawab seperti apa sih? Clue yang kaya gimana yang dimaksud? Misalkan, kalian membuat video selama 10 menit. Ketika dimenit ke 3 atau 4, kalian sedikit bertanya atau memberikan clue seperti “jangan di close, karena dibelakang gue akan kasih sesuatu…” misalnya.

Dengan cara itu, penonton akan tetap setia menonton video kalian sampai selesai atau sampai waktu dimana kalian memberikan apa yang kalian sebutkan dimenit ke 3 atau 4 tadi. Kemudian diakhir video, kalian bisa tanyakan, misalnya “Tau ga, tadi gue nyebut kata … berapa kali? Coba tulis dikomentar deh!” seperti itu. Fungsinya untuk apa? Untuk meningkatkan interaksi antara kalian dan penonoton kalian.

Terus pertanyaannya, kalau dibuat ada schene cinamtic gitu ngaruh ga buat orang betah? Tergantung, seberapa bagus dan seberapa nyambung dengan video yang kalian bikin. Terkadang, ada beberapa yang memaksakan menggunakan teknik ini didalam videonya dan bukannya bagus justru orang malah terganggu akan hal itu.

Kira-kira, diatas tadi beberapa cara gue untuk optimasi video biar mendapatkan waktu tonton yang baik. Tentunya, selain menggunakan aplikasi seo youtube seperti tubebuddy untuk menentukan kata kunci dan penggunaan lainnya, ya. Kalau kalian, gimana cara mengoptimalkan video youtube yang kalian buat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *