SEO Untuk Youtube: Semua Tergantung Niche Kalian!

SEO Untuk Youtube

Kalau ngomongin optimasi SEO atau Search Engine Optimization ini memang ga ada habisnya apalagi SEO untuk youtube itu sendiri. Tapi, gue bagi disini. Berbicara mengenai seo youtube, tentu ga akan ada habisnya. Apalagi, mulai tahun lalu mulai banyak yang menggunakan platform ini dengan beragam tujuan tentunya.

Tapi, secara pribadi gue melihat beberapa pembuat konten di Indonesia memang belum menggunakan SEO untuk mengoptimasi video yang diunggah kedalam saluran mereka masing-masing. Memang, pada awalnya banyak yang terkenal karena sosok yang ada didalam saluran tersebut, lantas mulailah mereka menggunakan teknik SEO ini kedalam saluran youtube mereka.

Bagaimana dengan channel youtube gue? Yaps, gue memulai dengan pemikiran menggunakan teknik SEO diawal memulai saluran youtube gue. Seperti apa sih gue memulainya? Mungkin, teman-teman bisa melihar cerita lengkapnya disini yang sebatas curhatan semata. Nah, artikel ini gue akan menjelaskan teknis yang ada didalam youtube itu sendiri.

SEO Untuk Youtube: Metadata Dan Niche

SEO Untuk Youtube

Perkuat Meta Youtube kalian (Judul, Deskripsi dan Tag)

Sebenarnya, bagaimana menuliskan judul, deskrip dan tag yang ada didalam saluran kalian saat mengunggah video? Pertama yang kalian lakukan adalah mencari keyword apa yang ingin kalian tuju. Sama seperti menulis blog, kalian tentukan dulu kata kunci apa yang kalian inginkan. Sebagai contoh tutorial menjahit baju adalah kata kunci yang kalian inginkan.

Lantas, apa yang kalian lakukan? Risetlah terlebih dahulu menggunakan google keyword planner untuk melihat bagaimana peluang kata kunci tersebut. Tapi, tidak selalu menjadi patokan juga. Gunakan insting kalian sebagai seseorang yang ingin mencari sesuatu di youtube.

Kalau sudah melakukan itu semua, tempatkan kata kunci tersebut kedalam judul, deskripsi dan tag video kalian. Perlu dicatat, menurut informasi yang gue dapat dari pelatihan youtube beberapa waktu yang lalu. Deskripsi yang akan terbaca oleh mesin pencari adalah 2 baris pertama. Jadi, maksimalkan hal tersebut untuk menyebar kata kunci kalian.

Unggah Video Kalian Dengan Kualitas yang Baik

Ini sebenarnya antara penting dan tidak, karena video yang dihasilkan akan menjadi sangat besar ketika kalian mengunggah video tersebut. Tapi, kualitas video yang baik (HD dan diatasnya) akan membuat penonton kalian menjadi nyaman dengan channel kalian.

Apa sih pengaruhnya antara kualitas video yang baik dengan SEO? Indikasi yang memiliki hubungannya adalah berapa banyak interaksi yang terjadi didalam video itu, mulai dari berapa banyak yang berkomentar, sampai dengan berapa banyak yang menyebarkan video tersebut.

Bayangkan, apabila kalian mengunggah video dengan kualitas yang tidak baik? Tentu, penonton tidak nyaman melihat video tersebut. Selain itu, suara yang dihasilkan juga harus mendukung ya. Karena, dari pelatihan youtube yang gue dapat, penonton lebih memilih video dengan suara yang baik meskipun gambarnya kurang baik.

Sebarkan Video Kalian & Perhatikan Durasi Video

SEO Untuk Youtube Share

Diantara beberapa teman gue, banyak yang tidak melakukan hal ini. Mungkin mereka melakukannya, tapi hanya media sosial yang mereka punya seperti facebook dan instagram. Padahal, masih cukup banyak media sosial yang bisa digunakan seperti twitter, google+, dan lainnya.

Jangan lupa, manfaatkan grup yang ada diberbagai media sosial tersebut, mulai dari facebook grup sampai dengan google+ grup. Ingat, hanya sebarkan ke grup yang sesuai dengan niche video atau saluran youtube kalian.

Bagaimana dengan durasi video? Ini pernah gue riset, mulai dari video yang berdurasi panjang (diatas 15 menit) sampai dengan video singkat (dibawah 2 menit). Mana yang paling cocok untuk youtube? Menurut pengalaman gue, video dengan durasi menengah (5 – 10 menit) cukup banyak yang menonton dibanding kedua video yang pernah gue buat tentunya.

Pertahankan Relevansi Channel Kalian

Ini dia yang terakhir, relevansi adalah tetap kunci utama dari semuanya. Gue beberapa kali mencoba membuat video yang tidak sesuai dengan saluran youtube dengan menggunakan teknik SEO itu sendiri. Tapi, tetap gue menghubungkan dengan niche saluran youtube gue. Apa yang terjadi? Tidak terlalu berpengaruh, karena mesin pencari youtube saat ini mulai menjadi lebih pintar, menyesuaikan dengan google sebagai mesin pencari.

Kesimpulan

Jangan pernah beranggapan menggunakan teknik SEO untuk beberapa video yang berbeda genre bisa mendapatkan penonton yang lebih dari video orang lain. Tetap pertahankan relevansi dan benang merah saluran youtube kalian masing-masing video. Selain itu, perkuat semua kata kunci tersebar di judul, deskripsi dan tag video kalian.

Beberapa artikel yang bisa kalian baca lainnya, sudah pernah gue tulis dibawah ini:

Terakhir, jangan terlalu berharap mendapatkan banyak penonton dari video pertama yang kalian lakukan. Tetap konsisten dan teruslah membuat konten menarik dan bermanfaat bagi banyak orang yang mencari di mesin pencari youtube. Susah memang, tapi kalian harus tetap belajar SEO untuk Youtube.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA